Main Menu  

   

Facebook MS Aceh  

   

   


Pelantikan dan Sumpah Jabatan Komisioner KIP Aceh Tamiang dihadapan Ketua MS Kualasimpang | (30/7)

Pelantikan dan Sumpah Jabatan Komisioner KIP Aceh Tamiang dihadapan Ketua MS Kualasimpang

Kualasimpang | kualasimpang.ms-aceh.go.id

Seperti biasanya sebagaimana lumrah terjadi dalam pelantikan pejabat-pejabat instansi daerah di luar Aceh, Ketua Pengadilan Agama  tidak dilibatkan secara strategis dalam pengambilan sumpah dan pelantikan pejabat.  Namun pemandangan yang sangat unik dan menarik terjadi di Propinsi Aceh bahwa setiap pelantikan maupun pengambilan sumpah jabatan pejabat penting (strategis) harus dilaksanakan di hadapan Ketua Mahkamah Syar’iyah.

Selama bertugas di Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang, Ibu Ketua Dra. Hj. Jubaedah, SH, sudah dua kali berkesempatan menghadiri sekaligus menyaksikan secara resmi pelantikan dan sumpah jabatan. Yang pertama adalah pada bulan Nopember 2012 pada waktu Pelantikan dan Sumpah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tamiang. Kemudian kesempatan yang kedua pada saat Pelantikan dan Sumpah Jabatan Komisi Independen Pemilihan Aceh Tamiang baru-baru ini tepatnya pada tanggal 18 Juli 2013 bertempat di Aula Sekdakab Aceh Tamiang, hadir dalam acara tersebut Bupati (sebagai pejabat yang melantik dan mengambil sumpah), Wakil Bupati, unsur FORKOMPINDA dan FORKOMPINDA Plus, Ketua DPRK Aceh Tamiang, anggota DPRK, para pejabat di jajaran Pemkab Aceh Tamiang;

Adapun pelantikan lima Komisioner KIP (Komisi Independen Pemilihan), yang selanjutnya disingkat KIP periode 2013-2018 tersebut terdiri dari M. Alhamda, Ishak Ibrahim, Izuddin, Keumalawati dan Adi Sartika. Sesuai dengan Ketentuan Pasal 1 Qanun Aceh Nomor 7 Tahun 2007 Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum di Aceh disebutkan bahwa yang dimaksud dengan KIP Kabupaten/Kota adalah bagian dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diberi wewenang oleh Undang-Undang untuk menyelenggarakan pemilihan Presiden/Wakil Presiden, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Anggota Dewan Perwakilan Daerah, Anggota DPRA/DPRK, pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/Wakil Walikota.

Sementara itu Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Komisioner KIP yang disaksikan oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang telah diatur dalam Pasal 18 Qanun Aceh Nomor 7 Tahun 2007 Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum di Aceh yakni ayat (1) tentang Sumpah Anggota Komisi Independen Pemilihan yakni Anggota KIP Aceh dan KIP kabupaten/kota, sebelum menjalankan tugasnya, mengucapkan sumpah di depan ketua Mahkamah Syar’iyah. Dan aturan tentang sumpah jabatan harus diucapkan di depan Ketua Mahkamah Syar’iyah adalah aturan yang bersifat  compulsory dan seremonial ini nampaknya mengikuti  tradisi yang diterapkan ketika Presiden RI dilantik dan disumpah di depan Ketua Mahkamah Agung RI, bandingkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan di luar Aceh.

Posisi strategis yang diemban oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah di Propinsi Aceh khususnya Mahkamah Syar’iyah Kualasimpang ini telah mendapat legitimasi yang kuat karena telah diatur dalam sebuah peraturan perundangan dalam bentuk Qanun. Peran tambahan Mahkamah Syar’iyah ini menjadi sebuah pengalaman baru dalam khazanah tata perundangan di Indonesia sehingga menjadi bahan komparasiang bermanfaat bagi lembaga serupa di luar Aceh sehingga MS/PA makin dikenal oleh segenap kalangan.

Comments   

 
0 # AHP - MS Aceh 2013-07-30 11:44
Sangat menggembirakan. Keberadaan Mahkamah Syar'iyah selalu diperhitungkan dalam kancah percaturan Pemerintah Daerah, baik tingkat Kabupaten/Kota maupun tingkat Provinsi di Aceh. Hal tersebut terlihat dengan posisi Ketua Mahkamah Syar'iyah yang ditempatkan sebagai posisi yang strategis, yaitu pelantikan KIP di hadapan Ketua Mahkamah Syar'iyah. Selamat buat Ketua MS Kualasimpang dan semoga sukses selalu.
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Security code
Refresh

   

Pilih Bahasa  



   

   

Data Pengunjung  

Free counters!

   
NO IMAGES images/headers

© 2010 Mahkamah Syar'iyah Aceh Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh Tlp. (0651) 7555976, Fax.(0651) 7555977 Banda Aceh.