Main Menu  

   

Facebook MS Aceh  

   

   


Tim Monitoring Keuangan Biro Keuangan MARI Kunjungi MS Banda Aceh | (05/6)

Tim Monitoring Keuangan Biro Keuangan MARI Kunjungi MS Banda Aceh

Tim Monitoring dan Evaluasi Keuangan Biro Keuangan Mahkamah Agung RI Selasa, 28 Mei 2013 melakukan monitoring dan evaluasi terhadap perbendaharaan, pelaksanaan anggaran dan PNBPpada MS Banda Aceh. Hal tersebut dilaksanakan berdasarkan Surat Perintah Tugas Kepala Biro Keuangan MA No. 140/Bua.3/ST/05/2013 tanggal 24 Mei 2013.

Tim yang dipimpin oleh Kabag Perbendaharaan Ardaning Sandrawati, SH. MH. itu diterima oleh Wakil Ketua MS Banda Aceh Drs. H.Osin Moh. Muhsin, SH., M.Hum. dan Panitera/Sekretaris MS Banda Aceh, Drs. A. Murad, M.H. tepat jam 14.00 Wib. Setelah sebelumnya melakukan monitoring dan evaluasi pada PN/TIPIKOR Banda Aceh.

Tim yang berjumlah 6 orang itu terdiri dari : Ardaning Sandrawati, SH. MH. (Kabag Perbendaharaan), Aris Nurul, A.Md. (Staf Biro Keuangan), Emmy Sapartiningrum, SE. (Kasubbag Pelaksanaan Anggaran), Hj. Sri Supiatirah, B.Sc., Lilies Ainany, SE. MM. (Kasubbag PNBP A), dan Wikan Santoso, S. Kom. (Staf Biro Keuangan) akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap Bendahara Pengeluaran, Pelaksanaan Keuangan dan Bendahara Penerima PNBP.

Dalam bincang-bincang dengan Wakil Ketua MS Banda Aceh, Ketua Tim Ardaning Sandrawati mengatakan, Mahkamah Agung sangat mengharapkan agar serapan anggaran tahun 2013 ini bisa meningkat dari tahun yang lalu, makanya BUA memerintahkan Kepala Biro Keuangan untuk melaksakanan monitoring terhadap pelaksanaan anggran, apalagi pada awal tahun anggaran 2013 semua mata anggaran kita dibintang, setelah bintang berguguran baru kita bisa bekerja. ujarnya.

Selain mengunjungi MS Banda Aceh, Tim Monitoring dan Evaluasi sebelumnya juga sudah melaksanakan monitoring pada Pengadilan Tinggi Aceh, Mahkamah Syar’iyah Aceh dan Pengadilan Negeri/TIPIKOR Banda Aceh, dan setelah itu Tim Monitoring menuju PTUN Banda Aceh dan Peradilan Meliter 01 Banda Aceh.

Monitoring dan evaluasi kali ini difokuskan pada 3 bagian yaitu :

  • Bagian perbendaharaan, yang ditangani langsung oleh Ardaning Sandrawati, SH. MH Kabag Perbendaharaan dan Aris Nurul, A.Md staf Biro Keuangan berhadapan dengan Bendahara MS Banda Aceh Nur Azizah, S.Ag. memberi petunjuk dan arahan tata cara pertanggungjawaban bendahara dan tata cara pengisian kwetansi sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran Dalam Rangka Pelaksanaan Anggara Pendapatan dan Belanja Negara.
  • Bagian pelaksanaan anggaran ditangani oleh Emmy Sapartiningrum, SE Kasubbag Pelaksanaan Anggaran dan Hj. Sri Supiatirah, B.Sc . yang langsung membimbing Dhiauddin, S.Ag. Kasubbag Keuangan MS Banda Aceh tentang percepatan pelaksanaan anggaran. Ibu Emmy memberikan apresiasi kepada MS Banda Aceh yang telah berhasil serapan anggaran sampai dengan akhir kwartal pertama 2013 ini mencapai 54,08 %.
  • Bagian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ditangani oleh Ibu Lilies Ainany, SE. MM Kasubbag PNBP A dan Wikan Santoso, S. Kom. staf Biro Keuangan. Mengarahkan dan membimbing Nurul Hikmah, S.Ag. Bendahara Peneriman PNBP mengenai cara penyetoran PNBP.

Dalam arahan dan bimbingannya, Lilies Ainany, SE. MM. Kasubbag PNBP berpesan agar PNBP yang merupakan penerimaan negara bukan pajak harus dikelola dengan baik dan harus disetor ke Kas Negara secara rutin paling lambat 7 hari sekali, karena PNBP ini menjadi masukan bagi negara dalam pembiayaan kegiatan. PNBP yang bersumber dari peradilan meliputi biaya pencatatan perkara, biaya redaksi dan leges putusan.

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pada MS Banda Aceh berjalan lancar, Kasubbag Keuangan Dhiauddin, S.Ag. nampak serius mengikuti arahan dan bimbingan dari Tim yang turut didampingi oleh Wakil Sekretaris Salchin, S.Ag., SH.

Comments   

 
0 # AHP - MS Aceh 2013-06-05 12:50
Selamat datang kepada Tim monitoring dari Biro Keuangan MA. Semoga hasil monitoring mencerminkan kinerja yang baik bagi teman-teman di MS Banda Aceh. Kita berharap, pengelolaan keuangan dapat berjalan dengan semestinya dan setiap rupiah yang ada dalam DIPA dapat dipergunakan untuk sebesar-besarny a bagi kemajuan peradilan agama.
Reply | Reply with quote | Quote
 

Add comment

Security code
Refresh

   

Pilih Bahasa  



   

   

Data Pengunjung  

Free counters!

   
NO IMAGES images/headers

© 2010 Mahkamah Syar'iyah Aceh Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh Tlp. (0651) 7555976, Fax.(0651) 7555977 Banda Aceh.