msaceh

24 Jun

Ikuti Bimbingan Teknis Penegakan Hukum Jinayat, Wakil Ketua MS Kualasimpang Raih Peringkat 1

Kualasimpang | ms-kualasimpang.go.id

Jum'at 24/06/2022 Wakil Ketua Mahkamah Syar'iyah Kualasimpang, Zikri, S.H.I., M.H. raih peringkat 1 dalam Bimbingan Teknis bertema Dengan Mencari Solusi Penyelesaian Perkara Jinayat Membangun Kesamaan Persepsi Para Hakim Kita Tingkatkan Peran Hakim Dalam Penyelesaian Perkara Jinayat. Tentunya tidak mudah, namun dengan kegigihan dan tekat untuk terus meningkatkan kompetensi dalam memeriksa dan mengadili perkara jinayat, prestasi tersebut dapat diraih. Berikutnya terdapat pula peraih peringkat 2 dan 3 yakni Novan Satria, S. Sy. selaku Hakim MS Calang dan Ervy Sukmarwati, S.H.I., M.H. selaku Ketua MS Calang.

Jinayat adalah suatu kajian ilmu hukum Islam yang membahas tentang suatu tindak kejahatan atau tindak kriminal, pada Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam sendiri Hukum Jinayat ditegakkan berdasarkan Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Hukum Jinayat, penegakan Qanun ini bukan hanya bertujuan untuk memberikan hukuman bagi para pelanggarnya, namun juga bertujuan memberikan dampak yang lebih luas bagi kemaslahatan masyarakat Aceh sesuai dengan tujuan diturunkannya syariat Islam, yakni melindungi agama, nyawa, akal, keturunan serta harta, dan hal ini adalah merupakan tanggung jawab para penegak hukum termasuk Hakim.

Pada penutupan bimbingan teknis ini, Kepala Dinas Syariat Islam Provinsi Aceh, Dr. EMK. Alidar, S.Ag. M.Hum. menyampaikan komitmen bahwa kerjasama antara Mahkamah Syar'iyah dengan Dinas Syariat Islam akan terus dipertahankan dan ditingkatkan karena peningkatan kompetensi Hakim juga menjadi tanggung jawab Pemerintah Aceh.

(HUMAS/MCL)

Rate this item
(0 votes)
back to top
Banner_Ucapan_Idulfitri1443.jpg KMS_Baru_2022.png Waka_MA.jpg YM_KMA.png lapor.png maklumat_pelayanan.jpg sekretaris_MA.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019