Berita​

msaceh

Berita

Berita (1158)

MS Aceh Mengikuti Acara Penandatanganan MoU dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Secara Virtual

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Pada hari Rabu, 17 Juli 2024, bertempat di Command Center, Mahkamah Syar’iyah Aceh Mengikuti Acara Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang Secara Virtual sesuai dengan surat undangan dari Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Hadir dalam acara tersebut, Ketua, Hakim Tinggi, Paniter, Panitera Muda Banding dan Panitera Muda Hukum.

Acara dimulai dengan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Himne Mahkamah Agung, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an, Pembacaan Doa. Penayangan Video Profil : Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Sambutan: Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Drs. H. Muchlis, S.H., M.H. dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang,  Penyerahan Cendera Mata dan Foto Bersama.

Dilanjutkan dengan Kuliah Tamu oleh : Prof. Dr. Muhammad Adil, M.A. Tema : Dinamika Hukum Keluarga Islam dalam Adat Simbur Cahaya

 

Read more...

Comment

Pembahasan Dan Uji Publik Naskah Pedoman Implementasi Restorative Justice Perkara Jinayat

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Bertempat di Hotel Hermes Palace Banda Aceh pada hari Rabu 10 Juli 2024, berlangsung acara Pembahasan Dan Uji Publik Naskah Pedoman Implementasi Restorative Justice Perkara Jinayatyang dibuka oleh Drs. H. Muchlis, S.H., M.H., Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama. Kegiatan ini diikuti oleh ketua dan hakim dari seluruh kabupaten/kota se-Aceh dan bertujuan untuk memperkuat pendekatan keadilan restoratif dalam sistem peradilan, demi mencapai resolusi yang lebih adil dan harmonis bagi semua pihak.

Materi pertama di sampaikan oleh Hakim Agung YM. Dr. H. Yasardin, S.H. M.Humdengan materi  Kebijakan Mahkamah Agung tentang Restorative Justice untuk perkara jinayah di Aceh, dalam materinya YM menyampaikan “Keadilan Restoratif (Restorative Justice) adalah penyelesaian perkara tindak pidana ringan yang dilakukan oleh penyidik pada tahap penyidikan atau hakim sejak awal persidangan dengan melibatkan pelaku, korban, keluarga pelaku/korban dan tokoh masyarakat terkait untuk bersama-sama mencari penyelesaian yang adil dengan menekankan pemulihan kembali pada keadaan semula.

PRINSIP Restorative Justice (RJ) adalah adanya pemulihan terhadap korban yang menderita kejahatan dengan memberi ganti rugi kepada korban, perdamaian, pelaku melakukan kerja sosial maupun kesepakatan-kesepakatan sosial lainnya. Dalam RJ, hukum yang diterapkan tidak berat sebelah, tidak memihak, tidak sewenang-wenang, dan hanya berpihak pada kebenaran suatu aturan perundang-undangan yang berlaku serta mempertimbangkan kesetaraan hak kompensasi dan keseimbangan dalam setiap aspek kehidupan.

Keadilan Restoratif adalah pendekatan dalam penanganan perkara tindak pidana yang dilakukan dengan melibatkan para pihak baik korban, keluarga korban, terdakwa/anak, keluarga terdakwa/anak, dan/atau pihak lain yang terkait, dengan proses dan tujuan yang mengupayakan pemulihan, dan bukan hanya pembalasan.

Materi kedua dari Pengadilan Negeri Banda Aceh, Kejaksaan Negeri Banda Aceh, Polresta Banda Aceh membahas tentang : Praktik Baik/Best Practice pelaksanaan prosedur Restorative Justice dalam perkara tindak pidana di wilayah aceh

Materi ketiga dari Majelis adat Aceh, Majelis Permusyawaratan Ulama, Lembaga Pemerhati dan Advokasi Syariat Islam, Kaukus Wartawan Peduli Syariat Islam membahas tentang Pandangan Masyarakat Aceh tentang praktek Restorative Justice terhadap pelaku jarimah

Setelah selesai materi dilanjutkan tanya jawab di setiap sesi materi berlangsung.

 

Read more...

Comment

Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Lantik Panitera Muda Hukum dan Penitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh Lantik Panitera Muda Hukum dan Penitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh, pada Jum’at 28 Juni 2024 di Aula Ahmad Hasballah Mahkamah Syar’iyah Aceh.

Acara di hadiri oleh Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris, Pejabat Struktural dan Fungsional Mahkamah Syar’iyah Aceh dan tamu undangan rekan dan Keluarga dari Pejabat yang dilantik.

Adapun pejabat yang dilantik yakni;

  1. Hermansyah, S.H, sebagai Panitera Muda Hukum Mahkamah Syar’iyah Aceh
  2. Dra. Hamidah sebagai panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh
  3. Salichin, S.Ag., S.H, sebagai panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh
  4. Urizal, S.H., M.H, sebagai panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh
  5. Rosnawati, S.H, sebagai panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh
  6. H. Munzir, S.H, sebagai panitera Pengganti Mahkamah Syar’iyah Aceh

 

Read more...

Comment

Subscribe to this RSS feed
lapor.png maklumat_pelayanan.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR