msaceh

27 Mar

Tausyiah hari 15 Ramadhan di Mahkamah Syar’iyah Aceh

Banda Aceh | ms-aceh.go.id

Pada kesempatan ini, Ramadhan Tausyiah hari 15 Ramadhan di Mahkamah Syar’iyah Aceh pada selasa, 26 Maret 2024, setelah sholat dhuhur berjamaah dan dilanjutkan dengan ceramah agama yang kali ini disampaikan oleh Hakim Tinggi  Mahkamah Syar’iyah Aceh Bapak Drs. H. Idris, S. H. dalam Tausyiahnya“

BULAN RAMADHAN adalah puasa yang wajib umat Islam laksanakan ketika datang bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan dipercayai sebagai bulan yang diberikan keberkahan yang melimpah oleh Allah SWT

Dalam bulan Ramadhan juga dipercayai sebagai bulan di mana Allah SWT mengampuni dosa hamba-hambanya. Umat Islam yang berpuasa selama bulan ini diharapkan akan mendapatkan pengampunan dosa oleh Allah SWT dari tahun sebelumnya. Hal ini termuat dalam salah satu hadits, bunyinya

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barang siapa yang puasa Ramadan karena iman dan mengharapkan ridha Allah, niscaya diampuni baginya semua dosanya yang terdahulu." (HR Bukhari)

Puasa Ramadhan dijelaskan oleh Allah SWT melalui berbagai firman-Nya di dalam Al-Qur'an. Salah satunya adalah surah Al Baqarah ayat 185.

Dalil Puasa Ramadhan: Surah Al Baqarah Ayat 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ

Artinya: "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu serta pembeda (antara yang hak dan yang batil).

Keringanan yang diberikan oleh Allah SWT adalah ketika seseorang sedang dihadapkan dengan penyakit atau dalam perjalanan, mereka diberikan keringanan agar tidak berpuasa. Namun, keringanan ini harus dibayar dengan berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkan di hari-hari lain di luar bulan Ramadhan.

Rasulullah bersabda, ada 3 orang yang celaka ;

1. Orang yang apabila disebut nama ku tidak bershalawat

2. Orang yang tidak berbakti kepada orang tuanya

3. Ketika tiba bulan Ramadhan sampai akhirnya belum mendapat ampunan dari Allah SWT.

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai Mahkamah Syar’iyah Aceh. Diharapkan dengan adanya ceramah ini dapat mempererat silaturahmi dan ukhuwah islamiyah sekaligus untuk meningkatkan ilmu pengetahuan tentang agama kepada kita semua.(Ansharullah)

 

Rate this item
(0 votes)
back to top
lapor.png maklumat_pelayanan.jpg

HUBUNGI KAMI

Mahkamah Syar'iyah Aceh

Jl. T. Nyak Arief, Komplek Keistimewaan Aceh

Telp: 0651-7555976
Fax: 0651-7555977

Email :

ms.aceh@gmail.com

hukum.msaceh@gmail.com

kepegawaianmsaceh@gmail.com

jinayat.msaceh@gmail.com

LOKASI KANTOR

Mahkamah Syar'iyah Aceh © 2019